KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN BOUNDED INQUIRY LABORATORY DENGAN FREE INQUIRY LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SUMBAWA BESAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Keywords:
Model Bounded Inquiry Laboratory, , Model Free Inquiry Laboratory, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diajar melalui model pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory dengan model Free Inquiry Laboratory pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sumbawa Besar tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experimental design. Desain Penelitian yang digunakan yaitu post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Sumbawa Besar yang berjumlah168 siswa yang terbagi menjadi 4 kelas yang masing-masing terdiri dari 32 siswa.Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas Eksperimen 1 (Model Bounded Inquiry Laboratory) dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas Eksperimen 2 (Model Free Inquiry Laboratory)dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Uji coba instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas dan uji test- 2 sampel berkorelasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 1 lebih baik dibandingkan kelas eksperimen 2. Ini dibuktikan dengan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 1 sebesar 3,04 dengan presentase 76%, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 2,82 dengan presentase 70%. Data tersebut dibuktikan dengan uji statistik menggunakan uji-t yang diperoleh thitung sebesar 2,191 dengan ttabel sebesar 1,999 yang berarti bahwa thitung > ttabel atau 2,191> 1,999 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Bounded Inquiry Laboratory dengan model Free Inquiry Laboratory di SMA Negeri 2 Sumbawa Besar Tahun Pelajaran 2018/2019