PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 SUMBAWA BESAR TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017
Keywords:
Model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Hasil Belajar IPA BiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Audiotory, Intellectually, Repatition Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas IX SMPN 4 Sumbawa Besar Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa proses pembelajaran yang berlangsung hanya satu arah yang didominasi oleh guru (Teacher Centered), hal ini menyebabkan siswa cenderung malas dan acuh, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX SMPN 4 Sumbawa Besar, sedangkan sampel penelitian diambil dua kelas, yaitu kelas IX.1 sebanyak 25 siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas IX.2 sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol. Jadi, sampel dalam penelitian ini totalnya menjadi 49 siswa. Teknik sampling yang digunakan ialah Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu (pretest-postest) dengan 15 butir soal pilihan ganda dan dokumentasi.
Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 50,6 dan kelas kontrol 49,4. sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 85,1 dan rata-rata kelas kontrol 77,8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas IX SMPN 4 Sumbawa Besar tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini diketahui dari hasil uji nilai t, yaitu nilai thitung yang diperoleh sebesar 2,280 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 25+ 24 – 2 = 47 sebesar 1,677 maka thitung > ttable (2,280 > 1,677). Dengan demikian, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima