Pengembangan dan Validasi Model Prosain Dalam Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah di Perguruan Tinggi

Authors

  • A Adnan Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Riadi Suhendra Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Muhammad Iksan Universitas Samawa, Sumbawa Besar

Keywords:

Pengembangan, validasi model prosain, pembelajaran menulis karya ilmiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi model-model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran menulis karya ilmiah di perguruan tinggi dan untuk mengembangan model prosain dalam pembelajaran menulis karya ilmiah. Istilah prosain merupakan akronim dari kata proses dan saintifik pada pendekatan proses dan pendekatan saintifik. Pengembangan model dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap studi eksplorsi dan tahap pengembangan. Tahap studi ekplorasi meliputi analisis model pembelajaran yang digunakan dan analisis kebutuhan. Tahap pengembangan mencakup menyusun spesifikasi model, menyusun draf model, lokakarya draf model, validasi draf model, dan uji coba model. Pihak yang dilibatkan dalam penelitian adalah 3 pakar, 25 dosen, dan 42 mahasiswa. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa dosen menggunakan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik pembelajaran menulis karya ilmiah. Dosen belum memahami pendekatan proses dan pendekatan saintifik. Hasil validasi pakar menunjukkan bahwa model prosain dinyatakan sangat baik dan layak digunakan pada pembelajaran menulis karya ilmiah. Hasil penilaian praktisi model prosain dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran menulis karya ilmiah. Sebagaian besar mahasiswa pada kegiatan uji coba memperoleh nilai di atas 75. Dengan demikian, model prosain secara konseptual dan secara empiris layak digunakan dalam pembelajaran menulis karya ilmiah.

Downloads

Published

2020-03-12