Pemberdayaan Pemuda melalui Pelatihan Desain Grafis untuk Peningkatan Kualitas Kemasan Produk Desa Semamung

Authors

  • Nurul Hudaningsih Universitas Teknologi Sumbawa, Batu Alang, Sumbawa
  • Miftahul Arzak Universitas Teknologi Sumbawa, Batu Alang, Sumbawa
  • Ran Suarantalla Universitas Teknologi Sumbawa, Batu Alang, Sumbawa

Keywords:

Pemberdayaan Pemuda Desa, Kemasan, Produk Desa

Abstract

Kebijakan pemerintah one village one product menjadi tantangan bagi masyarakat desa. Keberlanjutan produk tidak hanya dari keberadaanya namun ditentukan juga dari seberapa berjalan kemasifan pemasaran produk. Kemasan merupakan hal yang penting dalam upaya menarik minat calon konsumen. Social Responsibility Community (SRC) Desa Semamung merupakan organisasi kepemudaan yang terletak di Desa Semamung. SRC memiliki potensi besar untuk dapat membantu pemasaran produk desa. Namun terdapat kekurangan pengetahuan dan keterampilan para pemuda Desa Semamung dalam melakukan desain kemasan produk-produk Desa Semamung. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan upaya mensinergiskan potensi anak muda di SRC Desa Semamung terhadap media sosial untuk pemasaran produk lokal Desa Semamung. Program dilakukan dengan pelatihan desain kemasan menggunakan Software Corel Draw serta pendampingan. Kesimpulan program ini adalah upaya mensinergikan potensi pemuda dan kebutuhan desain kemasan produk desa sangat efektif. Selanjutnya mitra (SRC Desa Semamung) tertarik untuk terus mengaplikasikan ilmu dan pengalaman yang didapat melalui program untuk keberlanjutan peningkatan kualitas produk Desa Semamung.

Downloads

Published

2020-03-13