BAURAN PEMASARAN USAHA KRUPUK ATUM SALENG BEME DI DUSUN SAMPAR LAYANG DESA PEMANTO KECAMATAN EMPANG
Keywords:
Bauran Pemasaran, Krupuk Atum, Saleng BemeAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bauran pemasaran usaha krupuk atum Saleng Beme di Dusun Sampar Layang Desa Pemanto Kecamatan Empang. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April 2022 Di Dusun Sampar Layang Desa Pemanto Kecamatan Empang. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan sampel sebanyak 30 responden yang membeli krupuk atum di Saleng Beme yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara atau kuesioner, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian diketahui bauran pemasaran dilakukan usaha krupuk atum Saleng Beme pada produk yaitu memasarkan produk krupuk atum dengan jenis kemasan standing pouch dan plastik poliprolen. Penetapan harga disesuaikan dengan pasaran dan juga ditawarkan sesuai dengan ukuran kemasan. Tempat atau lokasi sangat mudah dijangkau oleh konsumen. Promosi menggunakan media online dan ofline yang berupa promosi dari mulut ke mulut dan pemasangan spanduk untuk menarik perhatian konsumen. Tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran berdasarkan masing-masing aspek sebagai berikut: (1) aspek produk kategori baik, (2) aspek harga kategori baik, (3) aspek tempat kategori baik, (4) aspek promosi kategori baik dan dapat dikatakan bahwa bauran pemasaran yang diterapkan oleh usaha krupuk atum Saleng Beme sudah berjalan dengan baik.