BAURAN PEMASARAN USAHA TERASI UDANG ASLI DI KECAMATAN TARANO KABUPATEN SUMBAWA
Keywords:
Bauran Pemasaran, Terasi Udang, Kelompok UMKMAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganlisis bauran pemasaran usaha terasi udang asli kelompok UMKM di Desa Labuhan Bontong Kecamatan Tarano.Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli 2023 di Desa Labuhan Bontong Kecamatan Tarano.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden yang membeli terasi udang di kelompok UMKM yang diambil dengan menggunakan tehnik accidental sampling.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara atau kuesioner, dan dokumentasi.Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian adaah analisis kuantitatif.Hasil penelitian diketahui bauran pemasaran dilakukan usaha terasi udang asli kelompok UMKM pada produk yaitu memasarkan produk terasi udang dengan jenis kemasan BUKA (daun Lontar).Penetapan harga disesuaikan dengan pasaran dan juga ditawarkan sesuai dengan ukuran kemasan.Tempat atau lokasi sangat mudah terjangkau oleh konsumen. Promosi menggunakan media online dan ofline yang berupa promosi dari mulut kemulut dan pemasangan papan nama yang menarik perhatian konsumen. Tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran berdasarkan masing-masing aspek sebagai beriku: (1) aspek produk kategori baik, (2) aspek harga dengan kategori baik, (3) aspek tempat dengan kategori baik, (4) aspek promosi kategori baik dan dapat dikatakan bahwa bauran pemasaran yang diterapkan oleh usaha terasi udang asli kelompok UMKM sudah berjalan dengan baik.