BAURAN PEMASARAN PENGOLAHAN KACANG METE DI UD. KARYA SUBUR DI DESA LUK KECAMATAN RHEE

Authors

  • Syahdi Mastar universitas samawa
  • Nila Wijayanti universitas samawa
  • Jumi Awalia universitas samawa

Keywords:

Bauran Pemasaran, Kacang Mete, UD. Karya Subur

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bauran pemasaran usaha kacang mete di UD. Karya Subur Kecamatan Rhee. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2021 di Desa Luk Kecamatan Rhee .Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden yang membeli kacang mete UD. Karya Subur yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara atau kuesioner, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Dari hasil penelitian diketahui bauran pemasaran yang dilakukan perusahaan pada produk yaitu memasarkan produk kacang mete rasa original. Penetapan harga menggunakan harga yang sesuai dengan harga pasaran dan juga memberi potongan harga. Tempat/saluran distribusi produk dilakukan secara langsung yaitu konsumen datang langsung ketempat usaha dan juga melalui pengecer. Promosi menggunakan media offline yang berupa promosi dari mulut ke mulut dan pemasangan baliho untuk mempromosikan kegiatan usahanya. Tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran berdasarkan masing-masing aspek sebagai berikut: (1) aspek produk kategori baik, (2) aspek harga kategori sangat baik, (3) aspek tempat kategori baik, (4) aspek promosi kategori baik dan dapat dikatakan bahwa bauran pemasaran yang diterapkan oleh UD. Karya Subur sudah berjalan dengan baik

Published

2022-08-02