PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PLAMPANG
Keywords:
Model Pembelajaran, TPS, Hasil Belajar EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Plampang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pre-test-post-test control group design. Analisis data menggunakan uji-t dengan membandingkan selisih mean dari hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe TPS terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Plampang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Kependidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.