PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PLAMPANG

Authors

  • Jhon Kenedi Universitas Samawa
  • Fatmawati Fatmawati Universitas Samawa
  • Ade Safitri Universitas Samawa

Keywords:

Model Pembelajaran, TPS, Hasil Belajar Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Plampang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pre-test-post-test control group design. Analisis data menggunakan uji-t dengan membandingkan selisih mean dari hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe TPS terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Plampang.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Kenedi, J., Fatmawati, F., & Safitri, A. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PLAMPANG . Jurnal Kependidikan, 6(2), 34–39. Retrieved from http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/671