EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) DI SMA NEGERI 1 UTAN TAHUN 2019-2020
DOI:
https://doi.org/10.58406/kapitaselekta.v3i1.905Keywords:
Evaluasi Kebijakan, Program Indonesia Pintar, Implementasi KebijakanAbstract
Kebijakan Program Indonesia Pintar merupakan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mengurangi angka putus sekolah bagi siswa kurang mampu dalam bentuk pemberian dana bantuan. Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan Evaluasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) di SMA Negeri 1 Utan Tahun 2019-2020. Menganalisa Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan yang menghambat Evaluasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) di SMA Negeri 1 Utan Tahun 2019-2020. Adapun hasil penelitian Pelaksanaan Program Indonesia Pintar di SMA Negeri 1 Utan apabila dikaitkan dengan kriteria efektivitas maka dapat dikatakan sudah efektif karena tidak pernah terdapat kasus siswa putus sekolah, dari sisi efisiensi masih kurang efisien upaya yang dilakukan pelaksana memang sudah maksimal akan tetapi dalam pengelolaan anggaran masih belum efisien. Dari sisi pemerataan manfaat program masih belum merata diberikan terhadap kelompok sasaran. Dari sisi responsivitas sudah baik. Dari sisi ketepatan program ini masih belum tepat, karena pelaksana tidak mendapat imbalan sepeserpun dalam menjalankan tugasnya. Adapun faktor pendukung implementasi PIP di SMA Negeri 1 Utan adalah adanya sumber daya peralatan yang baik sumberdaya terdapat buku panduan tentang kebijakan Program Indonesia Pintar dan kartu kontrol. Faktor pendukung lainnya adalah partisipasi masyarakat baik, hal ini membantu pemerintah desa dan pihak sekolah untuk melakukan pendataan dan sosialisasi. Sedangkan faktor penghambat Program Indonesia Pintar di SMA Negeri 1 Utan adalah distribusi Program yang belum merata, administrasi yang masih kurang