PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LABORATORY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MOYO HULU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Irdawati Irdawati Universitas Samawa
  • Wiwi Noviati Universitas Samawa
  • Syafruddin Syafruddin Universitas Samawa

Keywords:

Model Guided Inquiry Laboratory, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran sangat tergantung pada kemampuan dan kreatifitas guru dalam proses pembelajaran dan dapat dilihat dari model pembelajaran yang diterapkan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry Laboratory  terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Moyo Hulu Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design. desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Moyo Hulu yang berjumlah 48 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 2 Sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan tes, dokumentasi dan observasi. Uji coba instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Validitas dan Reliabilitas. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji homogenitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. ini dibuktikan dengan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 84,98 dan kelas kontrol 78,55. Data tersebut dibuktikan dengan uji statistik menggunakan uji t yang di peroleh thitung sebesar 2,822. Jika dibandingkan dengan ttabel dengan dk = 23 + 25 - 2 = 46 pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,671 maka thitung > ttabel ( 2,822 > 1,671) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry Laboratory terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri 1 Moyo Hulu  Tahun Pelajaran 2017/2018

Downloads

Published

2020-05-05