PENGARUH PEMANFAATAN APOTEK HIDUP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 UNTER IWES TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Oki Murdianto Universitas Samawa
  • Indah Dwi Lestari Universitas Samawa
  • Syafruddin Syafruddin Universitas Samawa

Keywords:

Motivasi Belajar, Pemanfaatan Apotak Hidup

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti pemanfaatan apotek hidup dengan yang tidak pada mata pelajaran IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Unter Iwes Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan Empiris Ex post facto. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Unter Iwes Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi adalah kelas VII SMP Negeri 3 Unter Iwes. Sampel dipilih dengan teknik probability sampling dan teknik cluster sampling diperoleh kelas VIIa dan VIIb sebanyak 52 siswa. Penggumpulan data dengan menggunakan instrumen tes Angket yang berjumlah 24 soal untuk mengetahui Motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan rumus t-test setandar deviasi, yang masing-masing perhitunganTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti pemanfaatan apotek hidup dengan yang tidak pada mata pelajaran IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Unter Iwes Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan Empiris Ex post facto. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Unter Iwes Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi adalah kelas VII SMP Negeri 3 Unter Iwes. Sampel dipilih dengan teknik probability sampling dan teknik cluster sampling diperoleh kelas VIIa dan VIIb sebanyak 52 siswa. Penggumpulan data dengan menggunakan instrumen tes Angket yang berjumlah 24 soal untuk mengetahui Motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan rumus t-test setandar deviasi, yang masing-masing perhitungannya langsung menggunakan perhitungan manual. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: 1) hasil analisis uji validitas angket motivasi belajar siswa dari 33 siswa dengan 24 item ternyata semua item tervalidasi dengan baik. 3 item validasi sangat tinggi, 15 item tervalidasi tinggi dan 6 item tervalidasi sedang. 2) berdasarkan hasil validasi ternyata reliabelitas ke 24 item tersebut yang telah diuji coba kepada 33 siswa menunjukkan bahwa rhitung  rtabel yaitu 0,933  0,388 dengan taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa instrument tersebut adalah reliabel. 3) dari hasil uji normalitas menunjukkan bahwa kelas yang mengikuti pemanfaatan apotek hidup diperoleh X2hitung  X2tabel atau 9,114maka Motivasi yang mengikuti pemanfaatan apotek hidup terdistribusi normal, serta hasil uji normalitas yang tidak mengikuti pemanfaatan apotek hidup 10,0535 11,070 terdistribusi normal. 4) berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan, diperoleh bahwa thitung  ttabel taraf signifikan 5% dengan dk = 50 yaitu  1,7534  1,6759nya langsung menggunakan perhitungan manual. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: 1) hasil analisis uji validitas angket motivasi belajar siswa dari 33 siswa dengan 24 item ternyata semua item tervalidasi dengan baik. 3 item validasi sangat tinggi, 15 item tervalidasi tinggi dan 6 item tervalidasi sedang. 2) berdasarkan hasil validasi ternyata reliabelitas ke 24 item tersebut yang telah diuji coba kepada 33 siswa menunjukkan bahwa rhitung  rtabel yaitu 0,933  0,388 dengan taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa instrument tersebut adalah reliabel. 3) dari hasil uji normalitas menunjukkan bahwa kelas yang mengikuti pemanfaatan apotek hidup diperoleh X2hitung  X2tabel atau 9,114maka Motivasi yang mengikuti pemanfaatan apotek hidup terdistribusi normal, serta hasil uji normalitas yang tidak mengikuti pemanfaatan apotek hidup 10,0535 11,070 terdistribusi normal. 4) berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan, diperoleh bahwa thitung  ttabel taraf signifikan 5% dengan dk = 50 yaitu  1,7534  1,6759

Downloads

Published

2020-05-05