Upaya Meningkatkan Self-Esteem melalui Mathematics Problem Based Learning di Sekolah

Authors

  • Diena Frentika Universitas Cordova, Taliwang, Indonesia
  • Heru Tri Novi Rizki Universitas Cordova, Taliwang

Keywords:

hasil belajar, industry 4.0, matematika, problem based learning, self-esteem

Abstract

Dunia pendidikan perlu menyiapkan lulusan dengan kemampuan kompetitif yang handal di tengah arus perkembangan IPTEK dalam dunia industry 4.0 yang serba cepat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah membekali siswa dengan sikap self-esteem yang baik. Self-esteem berkaitan dengan orientasi diri tentang keyakinan seseorang pada kompetensi dirinya untuk berpikir dan menghadapi tantangan hidup hingga mencapai kesuksesan. Dengan self-esteem, siswa menjadi siap bersaing di dunia industry 4.0 karena adanya kepercayaan diri yang mendorong seseorang memperoleh keberhasilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan self-esteem siswa kelas XII IPS 3 di MAN Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan mathematics problem based learning. Penelitian ini dilakukan di semester ganjil pada 29 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah classroom action research yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini berfokus pada upaya peningkatan self-esteem, hasil belajar siswa serta ketercapaian pembelajaran. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) self-esteem siswa meningkat dengan rerata skor siklus II sebesar 122,55 dari kategori sedang menjadi kategori tinggi, 2) hasil belajar kognitif pada siklus II mengalami peningkatan dengan rerata postes dan ketuntasan kelas berturut-turut adalah 73,79 dan 69%, dan 3) persentase keterlaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa berturut-turut adalah 90,625% dan 75%. Secara keseluruhan mathematics problem based learning dapat diterapkan untuk meningkatkan self-esteem dan hasil belajar kognitif siswa.

Downloads

Published

2020-03-12