Lihat-Dengar-Hubungkan : Efektivitas Program Dukungan Psikologis Awal untuk Generasi Milenial
Keywords:
Dukungan Psikologis Awal, Efektifitas, PsikoedukasiAbstract
Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi yang menyumbang angka bunuh diri tertinggi di Indonesia. Sebagai bentuk pencegahan terhadap perilaku bunuh diri, Fakultas Psikologi memiliki peran untuk memberikan edukasi tentang pentingnya bantuan psikologis melalui psikoedukasi Dukungan Psikologis Awal (DPA). Tujuan dari studi ini adalah menguji efektifitas psikoedukasi DPA yang diberikan kepada mahasiswa. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental pre-post test within subject group. Partisipan diminta untuk mengisi kuesioner berupa pengetahuan terkait DPA yang disampaikan dalam psikoedukasi. 37 partisipan dalam riset ini direkrut secara convenience sampling. Partisipan berasal dari 4 fakultas berbeda dan merupakan generasi milenial (M= 19,10, SD= 1,07). Materi DPA mengacu pada modul psikoedukasi yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2018 dan diadaptasi untuk target partisipan remaja dan dewasa awal. Psikoedukasi DPA dilakukan selama satu hari dengan durasi 180 menit. Hasil menunjukan terdapat perubahan pengetahuan DPA yang signifikan pada mahasiswa. Hal tersebut diketahui dari skor respon pretest dan posttest (p < 0,05; p = 0,16). Kegiatan ini sangat disarankan bagi para sivitas akademika di bidang psikologi untuk lebih banyak mengenalkan pentingnya DPA dalam rangka pencegahan pemikiran ide bunuh diri.