PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UNIVERSITAS SAMAWA
Keywords:
Literasi Keuangan, Ekonomi Orang Tua, Perilaku KonsumtifAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa fakultas ekonomi dan manajemen Universitas Samawa baik secara parsial maupun simultan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh langsung dari sumber primer. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Samawa tahun 2022 yang berjumlah 624 orang. Namun peneliti tidak melakukan penelitian terhadap seluruh populasi, peneliti mempersempit populasi dengan menggunakan metode sampling. Untuk menentukan jumlah sampel, peneliti menggunakan rumus Slovin. Berdasarkan hasil perhitungan, jumlah sampel yang akan dijadikan responden dalam penelitian ini adalah 95 orang. Seluruh data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, uji hipotesis parsial (uji t), uji hipotesis simultan (uji F), dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Samawa baik secara parsial maupun simultan. Kemampuan variabel literasi keuangan dan status sosial ekonomi orang tua dalam mempengaruhi perubahan variabel perilaku konsumtif siswa adalah sebesar 58,3%, sedangkan sisanya sebesar 41,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini, seperti gaya hidup, pengendalian diri, promosi, pembelian impulsif, dan lingkungan sosial.