Studi Tentang Impulse Buying Di Sumbawa Besar (Studi Kasus Mini Market Dinasty)

Authors

  • K Kamaruddin Universitas Samawa
  • A Asmini Universitas Samawa
  • Ni Gusti Ayu Putu Sinta Universitas Samawa

DOI:

https://doi.org/10.58406/jeb.v7i2.530

Keywords:

Emosi Positif, Respon Lingkungan Kerja, Intraksi Pelanggan , Impulse Buying

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan melihat keterkaitan Emosi Positif, Respon Lingkungan Kerja dan Intraksi Pelanggan Dengan Pelayan Toko sebagai variabel independen, dan Impulse Buying MiniMarket New Dinasty sebagai variabel dependen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 69 pelanggan dengan mengunakan rumus Sloving.  Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan sumber data Primer dan sekunder.  Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui teknik dokumentasi dan koesioner. Metode analisis yang di gunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, persamaan regresi berganda adalah = 2.102 + 0.753 X1 + 0.027 X2 + 0.025 X3 + e.  Koefisien Determinasi sebesar 0.687   atau sebesar 68.7 % dan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial (Uji F) diperoleh nilai t hitung 47.554 > 2.75 Ftabel disimpulkan bahwa variabel variabel bebas yang terdiri dari Emosi Positif, Respon Lingkungan Kerja dan Intraksi Pelanggan Dengan Pelayan Toko  secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Impulse Buying Minimarket New Dinasty Sumbawa. Saran penulis sebaiknya Minimarket New Dinasty membuat suasana didalam toko senyaman mugkin.Dengan begitu maka dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman serta bahagia bagi seluruh masyarakat dan pelanggan.hal tersebut dapat memicu perilaku pembelian impulsive konsumen.

Downloads

Published

2019-08-31