Pengaruh Pencantuman Label Halal Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen Muslim
DOI:
https://doi.org/10.58406/jeb.v7i2.534Keywords:
Label Halal, Perilaku Pembelian dan Konsumen MuslimAbstract
Pencantuman label halal merupakan keputusan fatwa oleh majlis ulama indonesia (MUI) berupa sertifikat sebagai acuan dalam melakukan pembelian oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pencantuman label halal terhadap perilaku pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa muslim pada Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Samawa yang berjumlah 376 orang. Sampel penelitain berjumlah 79 orang yang ditentukan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 2.426 pada ttable 1.665 (2.426>1.665), artinya pencantuman label halal berpengaruh terhadap perilaku pembelian konsumen muslim. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesarĀ 0,071, artinya kemampuan variabel bebas menjelaskan variabel terikat sebesar 7,1% dan sisanya sebesar 92,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang diluar jangkauan penelitian ini.