PELATIHAN IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI GURU SMPN 2 MOYO UTARA: STRATEGI PENDIDIKAN DI DAERAH PESISIR
DOI:
https://doi.org/10.58406/jpml.v7i2.1879Keywords:
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Pelatihan, Artificial Intelligence, PendidikanAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, khususnya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, pelatihan intensif dan pendampingan teknis dilakukan dengan mengintegrasikan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Canva. Metode yang digunakan mencakup sesi pelatihan interaktif dan pendampingan, kegiatan pengabdian dilaksanakan di SMPN 2 Moyo Utara pada tanggal 23-24 Agustus 2024. Peserta kegiatan yang mengikuti adalah guru SMP N 2 Moyo Utara sebanyak 11 orang. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru terhadap P5, dengan mayoritas peserta mampu menyusun modul ajar yang kontekstual dan relevan dengan kebutuhan lokal. Selain itu, penggunaan AI telah membantu peserta dalam merancang proyek yang lebih inovatif dan mempermudah penyusunan materi ajar. Hal ini dibutikan dengan hasil analisis, rata-rata nilai pre-test guru sebelum pelatihan adalah 67,91, sedangkan rata-rata nilai post-test setelah pelatihan meningkat menjadi 86,82. Peningkatan sebesar 18,91 poin ini menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan intensif secara efektif meningkatkan kompetensi guru, khususnya dalam merancang dan mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan dukungan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Canva. Hal ini mengindikasikan bahwa program pelatihan berhasil memberikan pemahaman dan keterampilan yang lebih baik kepada peserta. Kegiatan ini diharapkan dapat berlanjut untuk mendukung pengembangan kualitas pendidikan di daerah pesisir.