PENGUATAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI KEMAMPUAN INOVASI DAN ORIENTASI PASAR

Authors

  • Ika Fitriyani Universitas Samawa
  • Novi Kadewi Sumbawati Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia
  • Wahyu Haryadi Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia
  • Asmini Asmini Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia
  • Ismawati Ismawati Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58406/jpml.v8i1.1961

Keywords:

Keunggulan Bersaing, Kemampuan Inovasi, Orientasi Pasar

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pelaku UMKM di Kecamatan Sumbawa tentang pentingnya kemampuan inovasi dan orientasi pasar dalam meningkatkan daya saing. Metode kegiatan ini melalui wawancara langsung kepada responden. Populasi dalam kegiatan ini adalah seluruh UMKM yang beroperasi di Kecamatan Sumbawa, dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui daftar wawancara terstuktur kepada responden. Daftar wawancara tersebut meliputi identifikasi dari variabel penelitian di antaranya kemampuan inovasi dan orientasi pasar. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah menambah wawasan dan pengetahuan serta informasi yang luas tentang penguatan keunggulan bersaing melalui kemampuan inovasi dan orientasi pasar. Khususnya pelaku UMKM agar lebih fokus dalam megembangkan strategi pemasaran melalui peningkatan inovasi dan orientasi pasar serta memahamai kebutuhan pasar untuk memperkuat daya saing mereka di perubahandinamika lingkungan bisnis di era digital.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Fitriyani, I., Sumbawati, N. K., Haryadi, W., Asmini, A., & Ismawati, I. (2025). PENGUATAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI KEMAMPUAN INOVASI DAN ORIENTASI PASAR. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 8(1), 410–415. https://doi.org/10.58406/jpml.v8i1.1961

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3