BAURAN PEMASARAN USAHA TEMPE DI DESA LUNYUK ODE KECAMATAN LUNYUK
Keywords:
Bauran Pemasaran, Tempe, UD Barokah, Lunyuk OdeAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bauran pemasaran usaha tempe di Desa Lunyuk Ode Kecamatan Lunyuk. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2022 di Desa Lunyuk Ode Kecamatan Lunyuk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jumlah 30 sampel yang terdiri dari 1 pemilik dan 29 konsumen yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling atau secara sengaja. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian diketahui produk yang ada di UD. Barokah menjadi tiga macam ukuran kemasan dan harga diantaranya ukuran kecil seharga Rp.2.000/pcs, ukuran sedang dengan harga Rp.3.000/pcs, dan ukuran besar dengan harga Rp.5000/pcs. Tempat atau lokasi UD. Barokah cukup strategis dan promosi yang dilakukan menggunakan promosi secara langsung. Tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran berdasarkan masing-masing aspek sebagai berikut : (1) aspek produk kategori sangat baik, (2) aspek harga kategori baik, (3) aspek tempat sangat baik, dan (4) aspek promosi 04 kategori baik, maka dapat dikatakan bahwa bauran pemasaran yang diterapkan oleh UD. Barokah sudah berjalan dengan baik.