PERILAKU KONSUMEN TERHADAP JAJANAN TRADISIONAL (PALOPO) DI KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT
Keywords:
Perilaku Konsumen, , Palopo, Pasar KulinerAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap pembelian Palopo. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Maret 2022 Di pasar kuliner Kecamatan Taliwang. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan metode deskriftif dengan sampel sebanyak 30 responden yang membeli Palopo di Pasar Kuliner yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara atau kuesioner, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian tentang perilaku konsumen dalam pembelian Palopo di Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat diperoleh kesimpulan bahwa keempat faktor yang diteliti berpengaruh pada perilaku konsumen. Adapun skor dari masing-masing faktor yaitu faktor budaya dengan nilai skor 18,33 sekaligus menjadi pertimbangan konsumen karena menepati urutan paling tinggi, kemudian diikuti oleh faktor psikologi dengan nilai skor 17,26 selanjutnya diikuti oleh faktor pribadi dengan nilai skor 16,9 kemudian faktor sosial dengan nilai skor 16,53.