PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION ) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 4 SUMBAWA BESAR

Authors

  • Indah Dwi Lestari Pendidikan Biologi, Universitas Samawa
  • Eryuni Ramdhayani Universitas Samawa

Keywords:

Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction), Hasil Belajar, Siswa SMAN4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, and satisfaction) terhadap hasil belajar biologi pada siswa kelas XI SMAN 4 Sumbawa Besar. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa penerapan model pembelajaran belum optimal, hal ini menyebabkan kurangnya konsentrasi dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran karena masih dijumpai pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Centered Learning), sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan rancangan randomized control group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMAN 4 Sumbawa Besar sedangkan sampel penelitian diambil dua kelas, yaitu kelas XI IA 1 sebanyak 25 siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI IA 2 sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan ialah Cluster random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu (pretest-postest) dengan 15 butir soal pilihan ganda dan dokumentasi. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 47 dan kelas kontrol 45. Sedangkan nilai rata-rata[1]rata posttest kelas eksperimen 80,5 dan rata-rata kelas kontrol 66,48. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI SMAN 1 Sumbawa Besar. Hal ini diketahui dari hasil uji nilai t, yaitu nilai thitung yang diperoleh sebesar 5,390 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 25+25 – 2 = 48sebesar2,021. Maka t hitung>t table (5,390>2,021). Dengan demikian, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Dwi Lestari, I., & Ramdhayani, E. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION ) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 4 SUMBAWA BESAR . Jurnal Kependidikan, 9(1), 45–50. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1625