https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/issue/feedJurnal Kependidikan2025-08-01T13:35:08+07:00Syafruddin, M.Pdsyafruddinfkip@gmail.comOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Kependidikan</strong> adalah jurnal ilmiah yang berisikan informasi dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi litaratur, ide-ide atas karya inovatif di bidang pendidikan dan pembelajaran yang mampu memberikan konstribusi positif di bidang pendidikan bagi sekolah maupun perguruan tinggi menjadi fokus jurnal ini, adalah (1) Evaluasi dan Penilaian Pendidikan, (2) Pendidikan Karakter, (3) Teknologi dan Kurikulum Pendidikan, (4) Masalah dan Kebijakan Pendidikan, (5) Perencanaan Pembelajaran, (6) Psikologi Pendidikan, dan (6) Manajemen Pendidikan dan Kepemimpinan.</p>https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1941PENDIDIKAN INKLUSIF DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRESTASI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN2025-05-14T13:50:25+07:00wenni septiawenniseptiapratiwi@gmail.comRakha Agusti Amanullahrakhabaek@gmail.comSani Safitrisani_safitri@fkip.unsri.ac.idSyarifuddinsyarifuddin@fkip.unsri.ac.id<p>Pendidikan inklusif menekankan bahwa semua siswa, termasuk siswa dengan kebutuhan khusus, diterima dan berpartisipasi dalam lingkungan pendidikan yang sama.Pendidikan inklusif bertujuan untuk memastikan bahwa semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk belajar, tidak peduli latar belakang atau kemampuan mereka.Penelitian Ini adalah tujuan untuk mengeksplorasi dampak pendidikan inklusif terhadap prestasi siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan tinjauan pustaka dan observasi, hasil menunjukkan bahwa siswa dengan kebutuhan khusus dan siswa lainnya mengalami peningkatan prestasi akademik sebagai hasil dari pendidikan inklusif. dapat merasakan perkembangan dalam keterampilan akademik, sosial, dan emosional, sementara siswa reguler juga mendapatkan manfaat berupa peningkatan empati, keterampilan sosial, dan kerjasama. Namun, keberhasilan implementasi pendidikan inklusif sangat bergantung pada kesiapan guru, ketersediaan fasilitas yang mendukung, dan komitmen seluruh pihak yang terlibat dalam pendidikan Studi ini memperluas pemahaman tentang pendidikan inklusif di Indonesia dan memberi pembuat kebijakan perspektif yang bermanfaat. dan guru yang berusaha untuk meningkatkan pengalaman pendidikan dan pencapaian siswa yang memiliki kebutuhan khusus.Oleh karena itu, pendidikan inklusif memerlukan pendekatan yang holistik dan dukungan dari berbagai aspek untuk mencapai hasil yang optimal bagi semua peserta didik.</p>2025-07-22T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 wenni septia, Rakha Agusti Amanullah, Sani Safitri, Syarifuddinhttps://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1952ANALISIS GAYA BAHASA DALAM LIRIK LAGU ALBUM MARKERS AND SUCH PENS FLASHDISK KARYA SAL PRIADI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI AJAR TEKS EKSPOSISI DI SMK2025-06-02T09:09:56+07:00Annisa Afrilia Widha Rukmanaannisa_afrilia28@student.uns.ac.idSri Hastutisrihastuti69@staff.uns.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa dalam lirik lagu album <em>Markers and Such Pens Flashdisk </em>karya Sal Priadi, mengidentifikasi jenis-jenis gaya bahasa yang digunakan, serta menganalisis pemanfaatannya sebagai materi ajar teks eksposisi di SMK Negeri 3 Sukoharjo. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen dan wawancara. Data diperoleh dari lirik lagu sebagai sumber primer, serta artikel dan wawancara dengan guru dan siswa sebagai sumber sekunder. Analisis dilakukan dengan teknik model mengalir dan validitas data diuji melalui triangulasi teori dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa seperti metafora, personifikasi, hiperbola, repetisi, paradoks, dan ironi memperkuat makna serta nilai estetis lirik lagu. Selain itu, unsur kebahasaan tersebut berpotensi besar untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran teks eksposisi karena dapat membantu siswa memahami struktur teks, menganalisis penggunaan bahasa, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.</p>2025-07-22T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Annisa Afrilia Widha Rukmana, Sri Hastutihttps://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1984STRATEGI EVALUASI BERBASIS PROYEK DALAM MEMBANGUN BUDAYA PENILAIAN KOLABORATIF DI PEMBELAJARAN FISIKA2025-07-11T18:56:04+07:00Hayatun Nufushnufus2930@gmail.comWulan Anggraenihnufus2930@gmail.comZara Apriliyantihnufus2930@gmail.comMaslinda Maslindahnufus2930@gmail.comSri Nurul Walidainhnufus2930@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas strategi evaluasi berbasis proyek dalam membentuk budaya penilaian kolaboratif pada pembelajaran fisika di tingkat SMA. Studi ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan melibatkan dua kelas XII IPA di SMA Negeri X. Siswa bekerja dalam kelompok menyelesaikan proyek fisika kontekstual yang mencakup perencanaan eksperimen, analisis data, dan presentasi hasil. Proses penilaian mencakup evaluasi formatif, penilaian sejawat, dan refleksi mandiri. Data dikumpulkan melalui pre?test dan post?test, kuesioner sikap, observasi partisipatif, dan wawancara. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep, dengan rata-rata skor prestasi meningkat dari 65,4 menjadi 78,9. Indeks sikap dan persepsi siswa terhadap proses pembelajaran juga meningkat dari 3,12 menjadi 4,05 dalam skala Likert. Observasi dan wawancara mengungkap peningkatan keterlibatan aktif, tanggung jawab individu, serta terbentuknya komunikasi dan refleksi yang lebih kuat dalam kelompok. Evaluasi berbasis proyek efektif dalam memperkuat penguasaan konsep fisika dan menumbuhkan budaya belajar yang kolaboratif, reflektif, dan kontekstual. Strategi ini relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran abad ke-21 dengan dukungan sumber daya yang memadai.</p>2025-07-22T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Hayatun Nufus, Wulan Anggraeni, Zara Apriliyanti, Maslinda Maslinda, Sri Nurul Walidainhttps://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1986HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KEMATANGAN EMOSI PADA ANAK2025-07-12T18:59:29+07:00Maria Patricia Chelsea Mulawatopapatchels@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pola asuh orang tua dan kemampuan interaksi sosial dengan kematangan emosi pada anak. Berdasarkan studi terdahulu, terdapat keterbatasan dalam mengkaji keterkaitan simultan antara ketiga variabel tersebut secara komprehensif, terutama pada konteks anak usia sekolah dasar di Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi pengaruh masing-masing jenis pola asuh (otoriter, demokratis, permisif) dan kemampuan interaksi sosial secara simultan terhadap kematangan emosi anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Sampel terdiri dari 150 siswa kelas VII SMPN 47 Surabaya yang dipilih melalui undian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan kemampuan interaksi sosial terhadap kematangan emosi anak. Pola asuh demokratis dan kemampuan interaksi sosial memberikan kontribusi positif, sedangkan pola asuh permisif berdampak negatif. Simpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya peran orang tua dalam memberikan pola asuh yang mendukung dan membimbing anak dalam membangun interaksi sosial yang sehat. Disarankan kepada orang tua dan pendidik untuk menerapkan pendekatan yang demokratis serta menciptakan lingkungan sosial yang kondusif demi menunjang kematangan emosi anak.</p>2025-07-22T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Maria Patricia Chelsea Mulawatohttps://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/2000PENGEMBANGAN VIDIO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA MATA PELAJARAN IPAS2025-07-15T06:39:12+07:00Nurjumiati Nurjumiatinurjumiati100@gmail.comRohimat Rohimatrohimat@gmail.comSyahriani YulianciyulianciS@gmail.comSri Hardianingsihhardianingsihsri@gmail.comNurhairunnisah Nurhairunnisahnnurhairunnisah@gmail.com<p>This study aims to: (1) Test the feasibility of animated video media in improving student learning outcomes. (2) Test the practicality of animated video media in improving student learning outcomes. (3) Test the effectiveness of animated video media in improving student learning outcomes. This animated video was compiled using the ADDIE model research and development method.. The level of feasibility of the animated video was obtained from the media expert validator and the material expert validator who were analyzed and obtained the standard gain value and criteria for determining effectiveness as an increase in student learning outcomes. The results of this study are as follows: (1) Animated Video Media has been produced that is suitable for use, reviewed from the assessment of suitability by the material validator, namely 90% with the category (very suitable) and the media validator obtained a score of 84.7% (very suitable) to improve the science learning outcomes of grade IV elementary school students; (2) The practicality of animated video media with the category (very practical) with a score of 93.5; (3) the increase in the effectiveness of students' science learning through Animated Video Media is 70 with the moderate category.</p>2025-07-22T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Nurjumiati Nurjumiati, Rohimat Rohimat, Syahriani Yulianci, Sri Hardianingsih, Nurhairunnisah Nurhairunnisahhttps://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/2007PENERAPAN METODE REWARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MIN 2 MAKASSAR2025-07-18T20:34:08+07:00Rifqi Khairi Ruzqullahrifqikhairi4@gmail.comHasibuddin Hasibuddinhasibuddin@gmail.comMuh Azhar Burhanuddinburhanuddin@gmail.comSatri Asriyantiasriyantiasri2@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode <em>reward</em> terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di MIN 2 Makassar. Reward yang diberikan berupa penghargaan atau pujian diharapkan dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, di mana guru berperan sebagai peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward berdampak positif terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Reward yang diberikan tidak harus berupa benda mahal, cukup dengan perhatian dan pengakuan atas pencapaian siswa secara tepat. Hal ini tercermin dari peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Pada siklus I, nilai pre-test siswa sebesar 58,4% meningkat menjadi 81,1% pada post-test; sedangkan pada siklus II, nilai pre-test 71,7% meningkat menjadi 95% pada post-test. Peningkatan hasil belajar juga didukung oleh nilai N-gain, yaitu 0,55 pada siklus I dan 0,84 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan metode <em>reward</em> terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.</p> <p><strong>Kata </strong><strong>K</strong><strong>unci: </strong><strong><em>Reward, </em></strong><strong>Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan IPS, Siswa.</strong></p> <p> </p>2025-07-22T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Rifqi Khairi Ruzqullah, Hasibuddin Hasibuddin, Muh Azhar Burhanuddin, Satri Asriyantihttps://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/2018PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA2025-07-21T11:23:45+07:00Riadi Suhendrariadi.unsa@gmail.comAde Safitrisafitriade@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis teks drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Sumbawa Besar. Penelitian dilaksanakan selama lima bulan dengan melibatkan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Model pembelajaran CIRC berfungsi sebagai variabel bebas, sedangkan keterampilan menulis teks drama sebagai variabel terikat. 0Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan menulis siswa yang menggunakan model CIRC. Rata-rata nilai kelas eksperimen (80,19) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (76,58). Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sementara uji linearitas memperlihat- kan hubungan yang linear antara variabel bebas dan terikat. Uji regresi linier sederhana juga menunjukkan pengaruh signifikan dari model CIRC terhadap keterampilan menulis siswa, dengan nilai signifikansi 0,016. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC efektif dalam meningkatkan ket- erampilan menulis teks drama siswa kelas XI. Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menyatakan model CIRC berkontribusi pada peningkatan keterampilan menulis.</p>2025-07-22T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Rini Qurratul Aini, Ade Safitrihttps://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/2019ANALISIS PERILAKU PERUNDUNGAN DALAM NOVEL MY NERD GIRL KARYA AIDAH HARISAH2025-07-21T11:37:32+07:00Rini Qurratul Ainiqurratulainirini@gmail.comAbdul Rahimiikindah21@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk perilaku perundungan dalam novel <em>My Nerd Girl</em> karya Aidah Harisah yang terjadi pada peran utama. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif yang artinya data yang dihasilkan berupa tulisan yang berasal dari sumber yang diteliti. Data dan Sumber data dalam penelitian ini adalah kutipan langsung dalam novel <em>My Nerd Girl </em>karya Aidah Harisah. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik interaktif Miles dan Huberman sedangkan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya bentuk perilaku perundungan dalam novel <em>My Nerd Girl </em>karya Aidah Harisah yaitu: (a) perundungan verbal langsung seperti memberi nama panggilan dan mengancam, (b) perundungan fisik langsung seperti menampar dan memukul, dan (c) perundungan seksual seperti pelecehan dan menyentuh area sensitif. Sedangkan hasil penelitian mengenai faktor penyebab terjadinya perundungan dalam novel <em>My Nerd Girl </em>karya Aidah Harisah yaitu: (a) faktor individu terjadi dari diri korban langsung dan (b) faktor lingkungan sosial terjadi karena adanya rasa prasangka buruk dan rasa cemburu dari pelaku perundungan.</p>2025-07-22T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Rini Qurratul Aini, Abdul Rahimhttps://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/2031IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI KABUPATEN SUMBAWA (Studi Kasus SMAK St. Gregorius)2025-07-28T11:34:44+07:00Alberta Novita Ariyantialberta@gmail.comJhon Kenedijhon12@gmail.comArbi Batulantehbatulantearbi@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah implementasi Implementasi Pendidikan Multikultural di SMAK St. Gregorius Sehingga dengan adanya penelitian ini memberikan gambaran bagi para pemangku kepentingan di Kabupaten Sumbawa tentang bagaimana bentuk implementasi terhadap Pendidikan Multikultural sebagai bentuk keberagaman steakholder yang ada di sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dipilihnya pendekatan kualitatif karena peneliti akan memperoleh informasi secara mendalam berkaitan dengan bagaimana Implementasi Pendidikan Multikultural. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi kasus (<em>case study</em>). Untuk memperoleh data pada penelitian ini dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses implementasi pendidikan di SMAK St. Gregorius Sumbawa dilakukan dengan cara menerapkan nilai-nilai budaya yang ada dalam kurikulum serta proses belajar mengajar di kelas, sehingga para siswa mampu memahami perbedaan budaya, agama, sukudan ras yang ada, 2) Implementasi pendidikan multikultural pada SMAK St. Gregorius didukung oleh beberapa faktor antara lain banyaknya suku, ras, budaya dan agama yang ada di SMAK St. Gregorius Sumbawa, orang tua siswa yang memberikan respon positif terhadap implementasi pendidikan multikultural ini serta kemampuan stakeholder yang ada di SMAK St. Gregorius Sumbawa dalam bekerja sama dan menjaga kekompakan, 3) Dalam proses implementasi pendidikan multikultural di SMAK St. Gregorius Sumbawa tidak selalu berjalan dengan lancar melainkan dipengaruhi oleh beberapa faktor penghambat misalnya terjadi perselisihan antar siswa yang beda agama, serta perbedaan persepsi dalam beberapa hal yang pada akhirnya menimbulkan permasalahan.</p>2025-07-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Alberta Novita Ariyanti, Jhon Kenedi, Arbi Batulantehhttps://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/2056ANALISIS PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA2025-08-01T13:35:08+07:00Satri Asriyantiasriyantiasri2@gmail.comAwaliah Musgamyawaliah@gmail.com<p>Kurikulum merupakan komponen fundamental dalam sistem pendidikan yang menentukan arah, isi, serta mutu pembelajaran. Artikel ini menyajikan kajian literatur terhadap 15 jurnal ilmiah yang membahas dinamika perkembangan kurikulum di Indonesia, mulai dari masa pasca-kemerdekaan hingga era Kurikulum Merdeka. Fokus utama kajian meliputi transformasi kurikulum, tantangan implementasi, dampak terhadap kualitas pendidikan, serta perbandingan dengan sistem kurikulum negara lain. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun reformasi kurikulum mencerminkan kebutuhan zaman dan globalisasi, implementasinya masih menghadapi hambatan seperti rendahnya kesiapan guru, keterbatasan infrastruktur, dan kurangnya konsistensi kebijakan. Kajian ini menekankan pentingnya penyusunan kurikulum yang kontekstual, berkelanjutan, serta melibatkan kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk mencapai transformasi pendidikan yang bermakna dan berkualitas.</p> <p><strong><em>Kata kunci:</em></strong> <em>Kurikulum pendidikan, kajian literatur, implementasi kurikulum, mutu pendidikan, reformasi pendidikan Indonesia</em></p>2025-07-21T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Satri Asriyanti, Awaliah Musgamy