Author Guidelines
PEDOMAN PENULISAN NASKAH E-JURNAL KAPITA SELEKTA FISIP
- Naskah dapat berupa artikel hasil penelitian atau artikel ilmiah.
- Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia maksimal 15 halaman diketik satu spasi, pada kertas kwarto A4 dengan format satu kolom, font Calibri 11, dan format batas kertas 4 cm atas, 3.8 cm kiri, 3.8 cm kanan dan 5.5 cm bawah.
- Judul dalam bahasa Indonesia, ditulis dengan huruf calibri - 11 bold, maksimal 14 kata, rata teng Untuk judul versi bahasa Inggris ditulis dengan huruf calibri - 11 bold, maksimal 10 kata, rata tengah.
- Nama penulis diikuti lembaga afiliasi atau instansi, ditulis dengan huruf kecil (lowercase) Calibri-11 disertai alamat korespondensi (khususnya email).
- Naskah dapat dikirim langsung dalam bentuk print out disertai dengan copy disket/ CDRW dalam format Microsoft word.
- Artikel hasil penelitian memuat : Judul; nama penulis (tanpa gelar); abstrak (bahasa Inggris) dan kata kunci bahasa Indoesia; uraian latar belakang/pendahuluan; sub-sub judul berisi antara lain metode penelitian, kerangka teori, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran (jika ada); da daftar pustaka.
- Artikel ilmiah memuat : Judul; nama penulis (tanpa gelar) ; abstrak (bahasa inggris); kata kunci bahasa Indonesia; uraian latar belakang/pendahuluan; sub-sub judul berisi antara lain pembahasan, kesimpulan dan saran (jika ada); dan daftar pustaka.
- Kutipan kepustakaan ditulis pada bagian bawah dari halaman naskah dalam bentuk footnote dengan urutan sebagai berikut :
- Nama pengarang tidak dibalik dan tanpa gelar, yang diakhiri dengan koma (,);
- Tahun terbit,
- Judul cetak miring kemudian diikuti koma (,)
- Nama penerbit, tempat terbit;
- Halamn buku yang dikutip kemudian titik (.).
Contoh: Theresia Woro Damayanti, 2012, Goog Governance Dalam Keuangan Publik. UPP STIM YKPN, Yogyakarta, hal. 18.
- Daftar Pustaka ditulis dengan meratifikasi APA Edisi IV. Ditulis dalam spasi tunggal atau at least12pt, antardaftar pustaka diberi jarak satu spasi. Sebagian contoh cara penulisan referensi/acuan di dalam DAFTAR PUSTAKA, diberikan berikut.
- Contoh jika berasal dari buku teks:
Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (1990). Measurement and evaluation in teaching. (6thed.). New
York: Macmillan.
- Dari buku teks yang dirangkum oleh edit
Sofian Effendi. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.).
Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.
- Dari buku terjemahan
Daniel, W.W. (1980). Statistika nonparametrik terapan. (Terjemahan Tri Kuntjoro). Jakarta : Gramedia.
- Dari skripsi/tesis/desertasi
Slamet Suyanto (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.
- Dari jurnal:
Pritchard, P.E. (1992). Studies on the bread-improving mechanism of fungal alpha-amylase. Journal of Biological Education,26 (1), 14-17.
- Dari kumpulan abstrak penelitian atau proceeding:
Paidi. (2008). Urgensi pengembangan kemampuan pemecahan masalah dan metakog-nitif siswa SMA melalui pembelajaran biologi. Prosiding, Seminar dan Musyawarah Nasional MIPA yang diselenggarakan oleh FMIPA UNY, tanggal 30 Mei 2008. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
- Dari internet
White, H. (2007). Problem-based learning in introductory science across disciplines. Diakses tanggal 27 Maret 2007 dari http://www.udel.edu/chem/white/finalrpt.htm