AKUNTABILITAS DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUMBAWA
DOI:
https://doi.org/10.58406/kapitaselekta.v5i2.1839Keywords:
Pelayanan Publik, Akuntabilitas, KependudukanAbstract
Memberi pelayanan yang berkualitas dan mampu memberikan kepuasan bagi
masyarakat merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh pemerintah. Bentuk
peningkatan kualitas melalui laporan akuntabilitas yang dijadikan sebagai acuan
perbaikan terhadap layanan publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui akuntabilitas pelayanan publik dan Faktor-faktor yang
mempengaruhi akuntabilitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer. Adapun jumlah informan
dalam penelitian ini adalah 6 informan. Metode yang digunakan untuk
mengumpulkan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teori
Miles Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1)
Akuntabilitas pelayanan publik di dinas kependudukan dan pencatatan sipil
kabupaten Sumbawa sudah cukup baik. Dilihat dari proses pelayanan yang
diberikan, kejelasan aturan yang sudah sesuai SOP, kedisiplinan serta biaya
pelayanan. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Akuntabilitas Pelayanan Publik
di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kabupaten Sumbawa yaitu
profesionalisme pegawai, pelayanan yang memuaskan, transparansi, sarana
prasarana, Tingkat kesadaran Masyarakat dan sumber daya manusia.