PEMBERDAYAAN APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 RHEE KECAMATAN RHEE KABUPATEN SUMBAWA
DOI:
https://doi.org/10.58406/kapitaselekta.v5i2.1843Keywords:
Strategi, Pemberdayaan, Pelayanan PendidikanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memgetahui strategi pemberdayaan
Aparatur Sipil Negara (ASN) di SMP Negeri 1 Rhee dan untuk mengetahui factor
pendukung dan factor penghambat dalam melakukan pemberdayaan Aparatur
Sipil Negara (ASN) di SMP Negeri 1 Rhee.
Penelitian ini menggunakan metode kuliatatif dengan pendekatan deskriptif,
teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisisi data yang digunakan adalah model analisis intraktif dari Miles,
Huberman dan Johny Saldana. Hasil pengamatan awal menunjukan bahwa
rendahnya professional guru dalam segi kedisiplinan dengan sering mangkirnya
guru dalam jam mengajar dan kompentensi guru masih ada yang belum
memenuhi syarat kulifikasi akademis. Selain itu, kurangnya persiapan perangkat
pembelajaran. Hal ini membuat proses pelayanan dalam dunia penddikan kurang
maksimal, sehinggga masih banyak sisiwa yang melanggar aturan sekolah.
Dengan demikian, pemberdayaan sangat penting untuk meningkatkan
produktifitas kinerja dalam dunia pendidikan. Untuk mengatasi hal ini, SMP
Negeri 1 Rhee sudah menyiapkan strategi-strategi pemberdayaan Aparatur Sipil
Negara, dalam pelaksanaannya berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang di
rencanakan dan pemberdayaan sudah optimal, hal ini dapat dilihat dari kuantitas
pendidikan yang tinggi dan tersediannya pelatihan-pelatihan untuk meningkatnya
kinerja ASN dalam memberikan pelayanan. Walaupun dari pihak SMP Negeri 1
Rhee kurang optimal dari pemberian fasilitas pemberdayaan, karena masih
adanya hambatan yaitu terbatasnya alokasi dana yang dianggarkan.
Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara di SMP Negeri 1 Rhee telah membawa
perubahan lebih baik, yaitu bertambahnya daya kemampuan aparatur,
memperbaiki sikap dan perilaku aparatur dalam rangka meningkatakan kinerja.