ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA KURIKULUM MERDEKA

https://doi.org/10.58406/jrktl.v6i2.1489

Authors

  • Sri Nurul Walidain Universitas Samawa, Sumbawa Besar, NTB
  • Suji Ardianti Universitas Samawa, Sumbawa Besar, NTB
  • Weni Wendari SMP Plus Aisyah Samawa, Sumbawa, Indonesia
  • Irwan Satriawan MA Al Majidiyah, Sumbawa, Indonesia

Keywords:

Model Pembelajaran, Project Based Learning, Sekolah Menengah

Abstract

Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk
menciptakan pembelajaran yang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan
lingkungan belajar peserta didik. Pendidik diberi keleluasaan untuk memilih
berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan
kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang
direkomendasikan adalah Project Based Learning (PjBL) merupakan kegiatan
pembelajaran berupa pembuatan produk terkait materi fisika yang digunakan
sebagai wahana penguasaan kompetensi. Tujuan penelitian bagaimana deskripsi
pengetahuan guru SMP Plus Aisyah Samawa tentang Project Based Learning?
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian teridiri dari 50
guru. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian antara lain kuesioner,
survey, dan interviev dengan pengolahan data analisis data deskriptif-kualitatif.
Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2023. Hasil penelitian
menunjukkan masih banyak guru yang belum memahami secara tepat sehingga
diperlukan workshop agar pemahaman dan kemauan untuk menerapkan Project
Based Learning (PjBL), yang berbeda dengan Model pembelajaran Problem
Based Learning yang telah diterapkan oleh guru SMP Plus Aisyah Samawa.

Published

2023-12-30

How to Cite

Walidain, Sri Nurul, Suji Ardianti, Weni Wendari, and Irwan Satriawan. 2023. “ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA KURIKULUM MERDEKA”. Jurnal Riset Kajian Teknologi Dan Lingkungan 6 (2):137-45. https://doi.org/10.58406/jrktl.v6i2.1489.