DAMPAK PENGGUNAAN STEM EDUCATION DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

https://doi.org/10.58406/jrktl.v3i1.269

Authors

  • Suji Ardianti Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Syarif Fitriyanto Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Fahmi Yahya Universitas Samawa, Sumbawa Besar

Keywords:

blended learning, minat belajar, schoology, STEM education

Abstract

Sistem pendidikan saat ini berfokus pada pembelajaran abad ke-21. Pembelajaran abad ke-21 merupakan sistem
gerakan-gerakan pembaharuan pendidikan terutama dalam bidang sains, matematika dan teknologi. Pendidik
percaya dengan menggunakan pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi memiliki peluang untuk
peningkatan kinerja minat belajar siswa. Optimisme ini tidak diragukan lagi, sehingga diharapkan dapat
diterapkan oleh siswa tidak hanya di kota yang sudah maju tetapi juga di kota yang belum maksimal disentuh
oleh teknologi khususnya ranah pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah di kabupaten
Sumbawa, Indonesia. Penelitian ini mengeksplorasi dampak blended learning dengan menggunakan pendekatan
STEM education pada peningkatan minat belajar siswa untuk mata pelajaran fisika di sekolah menengah.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Kelompok
eksperimen diajarkan dengan blended learning yang menggunakan pendekatan STEM education. Kelompok
kontrol disiapkan dengan pembelajaran konvensional. Kovariat dalam penelitian ini adalah pengetahuan awal.
Variabel dependen adalah minat belajar yang diukur menggunakan angket model ARCS. Analisis statistik yang
digunakan adalah Anacova yang margin kesalahannya 0,05. Penelitian ini menemukan bahwa blended learning
dengan pendekatan STEM education meningkatkan minat belajar siswa yang lebih baik daripada pembelajaran
konvensional. Keterbatasan penelitian ini adalah bahwa selama pembelajaran online menggunakan Schoology,
siswa masih membutuhkan bantuan dari guru pada awal pembelajaran. Kontribusi dalam penelitian ini terletak
pada kerangka kerja unik yaitu dalam proses memberikan pengetahuan menggunakan blended learning yang
tertanam dalam pendekatan STEM education untuk pelajaran fisika SMA.

Published

2020-07-09

How to Cite

Ardianti, Suji, Syarif Fitriyanto, and Fahmi Yahya. 2020. “DAMPAK PENGGUNAAN STEM EDUCATION DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA”. Jurnal Riset Kajian Teknologi Dan Lingkungan 3 (1):147-59. https://doi.org/10.58406/jrktl.v3i1.269.