PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GERAK HARMONIK SEDERHANA BERBASIS ETNOSAINS TRADISI BAAYUN MAULID

Authors

  • Junaidi Junaidi Program Studi Tadris Fisika FTK UIN Antasari Banjarmasin
  • Sitti Rahmasari Program Studi Tadris Fisika FTK UIN Antasari Banjarmasin
  • Lutfiyanti Fitriah Program Studi Tadris Fisika FTK UIN Antasari Banjarmasin

Keywords:

LKPD, Etnosains, Tradisi Baayun Maulid, Gerak Harmonik Sederhana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar gerak harmonik sederhana berbasis etnosains tradisi baayun maulid. Tujuan penelitian ini secara khusus adalah mendeskripsikan: (1) desain bahan ajar dan (2) validitas bahan ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri Bumi Makmur pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah sampel 2 validator. Penelitian ini menggunakan model 4-D namun hanya terdiri atas tiga tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan  (design), dan pengembangan (develop). Berdasarkan hasil penelitian diketahui   bahwa (1) desain bahan ajar memuat kearifan lokal Kalimantan Selatan, yaitu tradisi baayun maulid yang diintegrasikan dengan materi gerak harmonik sederhana dan (2) validitas bahan ajar memperoleh nilai persentase 85% dengan kategori sangat valid. Dengan demikian, bahan ajar gerak harmonik sederhana berbasis etnosains tradisi baayun maulid sangat layak digunakan sebagai sumber pembelajaran.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Junaidi, J., Rahmasari, S., & Fitriah, L. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GERAK HARMONIK SEDERHANA BERBASIS ETNOSAINS TRADISI BAAYUN MAULID. Jurnal Kependidikan, 7(1), 63–68. Retrieved from http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1026