Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Disertai Mini-Magz Terhadap Hasil Belajar IPA SMPN 1 Aesesa

Authors

  • ANASTASIA MAU UNIVERSITAS FLORES
  • Maria Waldetrudis Lidi Universitas Flores
  • Melania Priska Universitas Flores

Keywords:

Model STAD, Media Mini-Magz, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Disertai Ringkasan Mini-Magz Terhadap Hasil Belajar IPA SMPN 1 Aesesa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah pretest posttest control grup design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA SMPN 1 Aesesa, sedangkan variabel bebas adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai ringkasan mini-magz. Populasi dalam penelitian yaitu, peserta didik kelas VII sebanyak 157, dan sampel penelitian berjumlah 62 orang yang diperoleh dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai ringkasan mini-magz berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 1 Aesesa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest peserta didik. Hasil belajar kognitif setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan sebesar 87,38. Hasil belajar afektif setelah diberi perlakuan sebesar 96% dan hasil belajar psikomotorik setelah diberi perlakuan sebesar 98%. Uji hipotesis hasil belajar peserta didik kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai signifikan < 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima

Downloads

Published

2024-10-28

How to Cite

MAU, A., Waldetrudis Lidi, M. ., & Priska, M. . (2024). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Disertai Mini-Magz Terhadap Hasil Belajar IPA SMPN 1 Aesesa. Jurnal Kependidikan, 9(2), 1–10. Retrieved from http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1725