Efektivitas Mindmapping Berbasis Komputer “FreeMind” dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa
Keywords:
Mindmapping, Free Mind, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan metode mindmapping berbasis komputer “FreeMind” terhadap hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan pada mahasiswa pendidikan Fisika yang menempuh mata kuliah telaah Fisika Sekolah Menengah III pada tahun 2018. Jumlah subyek penelitian adalah 15 orang mahasiswa. Pembelajaran menggunakan mindmapping berbasis komputer “FreeMind” dilaksanakan pada materi medan magnet. Data dikumpulkan dengan menggunakan pretest dan posttest tentang medan magnet. Data pretest dan posttest diuji normalitas kemudian di uji N-gain. Hasil uji N-gain diperoleh nilai 0,549. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran dengan mindmapping berbasis komputer “FreeMind” berkategori sedang. Dengan demikian, pembelajaran dengan metode mindmapping berbasis komputer “FreeMind” efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.