Peningkatan Self-Efficacy melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika Knisley

Authors

  • Heru Tri Novi Rizki Universitas Cordova, Taliwang
  • Diena Frentika Universitas Cordova, Taliwang

Keywords:

industri 4.0,, hasil belajar, Knisley, matematika, self-efficacy

Abstract

Tantangan dunia industry 4.0 menuntut praktisi pendidikan tetap kompetitif agar lulusan yang dihasilkan mampu bersaing dengan mesin (artificial intelegent). Generasi yang inovatif, kreatif dan mampu menjadi problem solver yang baik dengan tetap mempertahankan sifat humanity yang tidak dimiliki oleh mesin, dapat diwujudkan melalui upaya peningkatan self-efficacy siswa. Self-efficacy merupakan kemampuan seseorang untuk percaya dan yakin pada kemampuan dirinya yang mempengaruhi cara berpikir, merasa, memotivasi diri dan bertindak dalam menyusun dan menyelesaikan tindakan yang dibutuhkan untuk mengatur situasi yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan self-efficacy siswa kelas XI MIA 2 di MAN Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran matematika Knisley. Penelitian ini dilakukan di semester ganjil pada 33 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah classroom action research yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini berfokus pada upaya peningkatan self-efficacy, hasil belajar siswa serta ketercapaian pembelajaran. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) self-efficacy siswa meningkat dengan rerata skor siklus 2 sebesar 121,12 dari kategori sedang menjadi kategori tinggi, 2) hasil belajar kognitif meningkat dengan rerata postes siklus II sebesar 67,88 dan KKM kelas mencapai 64%, dan 3) keterlaksanaan pembelajaran mencapai 94% untuk aktivitas guru dan 80% untuk aktivitas siswa. Secara keseluruhan model pembelajaran matematika Knisley dapat diterapkan untuk meningkatkan self-efficacy dan hasil belajar kognitif siswa.

Downloads

Published

2020-03-12