Pola Kepemimpinan Camat dalam Pelayanan Publik Kecamatan di Kabupaten Sumbawa

Authors

  • Lahmuddin Zuhri Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Endra Syaifuddin Universitas Samawa, Sumbawa Besar

Keywords:

Pemimpin, Inovasi, Pelayanan Publik

Abstract

Pelayanan publik dapat diartikan sebagai pemberian layanan (melayani) keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Pemerintahan pada hakikatnya adalah pelayanan kepada masyarakat, tidak dapat untuk melayani dirinya sendiri, tetapi untuk melayani masyarakat serta menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemam-puan dan kreativitasnya demi mencapai tujuan bersama. Dalam konteks pengembangan pelayanan publik di dalam wilayah pemerintah Desa maupun di dalam wilayah pemerintah Kecamatan, maka perlu memperhatikan beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Sumbawa yang berhasil dengan beberapa konsep pengembangan desa sebagai acuan dalam pengembangan pelayanan publik seperti Pariri Si Desa yang ada di Kecamatan Lantung. Dalam penelitian ini akan membahas pola kepemimpinan yang mampu merubah pelayan publik dengan berbagai macam inovasi. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian normatif-empiris, yaitu penelitian yang objek kajiannya meliputi ketentuan-ketentuan perundang-undangan serta penerapannya. Pemimpin di desa dan kecamatan seyogianya adalah orang-orang yang memiliki karakter kepemimpinan yang kuat karena kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam pengembangan dan kemajuan dari sebuah organisasi. Dengan adanya kepimimpinan yang kapabel akan berdampak bagi kemajuan organisasi. Sebab pemimpin sangat diperlukan untuk menentukan tujuan program replikasi, yang berguna untuk sebuah organisasi dan memberi motivasi kepada staf dan masyarakat.

Downloads

Published

2020-03-12