Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Pemasaran dan Gaji Karyawan Terhadap Hasil Penjualan

Authors

  • Marisa Sutanty Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Elly Karmeli Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • S Suprianto Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Novi Kadewi Sumbawati Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Esty Dwi Ariyani Universitas Samawa, Sumbawa Besar

Keywords:

Biaya produksi, biaya pemasaran, gaji karyawan, hasil penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh biaya produksi, biaya pemasaran dan gaji karyawan terhadap hasil penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif untuk melihat pengaruh variabel bebas, yaitu biaya produksi (X1), biaya pemasaran (X2) dan gaji karyawan (X3) terhadap variabel terikat, yaitu hasil penjualan (Y). Penelitian dilakukan pada usaha catering Madurasa Kelurahan Samapuin Tahun 2016-2019. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan selama empat tahun anggaran, yaitu tahun 2016-2019 yang diperoleh langsung dari catering Madurasa Kelurahan Samapuin. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik uji statistik t, f dan determinasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel biaya produksi (X1), biaya pemasaran (X2) dan gaji karyawan (X3) berpengaruh terhadap hasil penjualan, baik secara parsial maupun simultan. Nilai thitung variabel biaya produksi (X1) adalah 2.380 lebih besar dari ttabel 2,015, Nilai thitung variabel biaya pemasaran (X2) adalah 4.324 lebih besar dari ttabel 2,015 dan Nilai thitung variabel gaji karyawan (X3) adalah 6.761 lebih besar dari ttabel 2,015. Sedangkan nilai determinasi (R2) sebesar 0.987 yang menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi pavariabel hasil penjualan adalah sebesar 98,7% sedangkan sisanya sebesar 1,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian.

Downloads

Published

2020-03-12