STRATEGI BISNIS ONLINE E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN
Keywords:
E-Commerce, Minat Beli, UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis online e-commerce dalam meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan di Toko Online Orin Babok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan sumber data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bisnis online e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen di Toko Online Orin Babok. Hubungan yang positif artinya jika strategi pemasaran online e-commerce meningkat maka minat beli konsumen juga akan meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien hitung thitung lebih besar dari nilai ttabel (18,767 > 2,011). Hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,878. Artinya besarnya pengaruh variabel strategi bisnis online e-commerce terhadap minat beli konsumen di Toko Online Orin Babok adalah sebesar 87,8%, sedangkan sisanya sebesar 12,2% disebabkan oleh variabel lain di luar cakupan penelitian ini, seperti kualitas produk, harga, diskon dan lain-lain.