ATRIBUT PRODUK SEBAGAI PERTIMBANGAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA

Authors

  • Tariza Putri Deliana Universitas Samawa
  • Nazula Charisna Universitas Samawa
  • Yusril Dewantara Universitas Samawa
  • K Kamaruddin Universitas Samawa
  • Marisa Sutanty Universitas Samawa

Keywords:

Kualitas Produk, Merek, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut produk yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian sepeda motor merek Honda. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif yang diperoleh dari sumber primer melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian sepeda motor Honda di Krida Sumbawa Besar. Penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui jumlah sampel sebanyak 96 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, uji hipotesis parsial (uji t), uji hipotesis simultan (uji F), dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, merek dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda, baik secara parsial maupun simultan. Kontribusi kualitas produk, merek dan harga dalam mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor merek Honda adalah sebesar 60,1%, sedangkan sisanya sebesar 39,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti tarif cicilan, kapasitas bagasi, cara berkendara, kenyamanan, variasi mesin, desain sepeda motor, akselerasi dan kualitas pelayanan.

Downloads

Published

2024-07-24