ANALISIS DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN: SELF ACTUALIZATION, WORD OF MOUTH DAN HANGOUT LIFESTYLE
Keywords:
Self Actualization, Word o Mouth, Hangout Lifestyle, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh aktualisasi diri, word of mouth dan gaya hidup hangout terhadap keputusan pembelian pada generasi milenial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, uji hipotesis parsial (uji t), uji koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil uji t pada penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial aktualisasi diri, word of mouth dan gaya hidup hangout berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian generasi milenial di Kedai Victoria Sumbawa Besar. Variabel independen yang terdiri dari variabel aktualisasi diri, variabel word of mouth dan variabel gaya hidup hangout mempunyai pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 65,9%, sedangkan sisanya sebesar 34,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti seperti kualitas produk, promosi, persepsi harga, suasana kafe, pelayanan, dan lain-lain.