Pengaruh Metode Problem Solving Berbasis Aktivitas Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Fisika Peserta Didik Kelas XI Di SMA Negeri I Empang

Authors

  • Y Yulianti Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • N Nelfitri Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Fahmi Yahya Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Syarif Fitrianto Universitas Samawa, Sumbawa Besar

Keywords:

Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving berbasis aktivitas terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran fisika kelas XI di SMA Negeri 1 Empang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode problem solving digunakan lebih menekankan pada proses berpikir peserta didik untuk menyelesaikan masalah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Empang dan sempel penelitian ini adalah kelas XI-IPA 1 dan kelas XI-IPA 2. Proses pembelajaran di kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan metode pembelajaran problem solving dan di kelas control diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest untuk melihat kemampuan awal peserta didik dan posttest untuk melihat kemampuan akhir peserta didik setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen. Validasi instrument kemampuan pemecahan masalah dilakukan dengan validasi isi dan validasi butir.Pengujian prayarat analisis menggunakan uji normalitas yaitu mengunakan rumus Chi kuadrat dan homogenitas dengan Uji F sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa Nilai thitung adalah 1,914 sedangkan nilai ttabel yang diperoleh berdasarkan taraf signifikan 5% dengan dk= 54 adalah 1,68 maka dapat disimpulkan bahwa thitung >ttabel. Oleh kerena itu, dapat disimpulkan bahwa metode problem solving berbasis aktivitas berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Empang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2020-03-13