Aplikasi Penyambungan Baru PDAM Kota Denpasar Berbasis Android
Keywords:
Android, Penyambungan Pelanggan Baru, PDAMAbstract
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Denpasar adalah Perusahaan yang pemiliknya adalah Pemerintah Kota Denpasar, Sebagai perusahaan yang menyelenggarakan pelayanan publik PDAM senantiasa memberikan pelayanan yang terbaiknya kepada para pelanggan. Salah satu layanan adalah memenuhi permintaan pelanggan untuk melakukan penyambungan pelanggan baru setelah calon pelanggan tersebut memenuhi segala persyaratan administrasi dan keuangan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi penyambungan baru berbasis android yang dapat dipergunakan oleh petugas penyambungan baru dalam melaporkan pekerjaannya secara riil time. Saat ini pelaporan kegiatan penyambungan pelanggan masih menggunakan cara manual sehingga informasi yang dihasilkan sering tidak tepat waktu. Rata-rata waktu pelapoan dari pelaksanaan penyambungan di lapangan adalah 1 (satu) hari dan paling lambat 5 (lima) hari. Metode penelitian ini menggunakan SDLC (Systems Development Life Cycle) dengan pendekatan air terjun (waterfall approach) Secara garis besar besar metode waterfall mempunyai langkah-langkah:Analisa, desain, penulisan kode program, pengujian dan penerapan serta pemeliharaan (Abdul Kadir, 2003). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan aplikasi penyambungan baru berbasis android proses pelaporan penyambungan pelanggan baru dapat dilakukan secara on-line riil time sehingga proses pelaporannya tepat waktu. Hal ini membawa dampak pada kualitas informasi yang dihasilkan untuk pengambilan keputusan oleh manajemen tingkat operasional maupun pada tataran taktis dan strategis pada level direksi. Aplikasi ini juga memberikan informasi berupa foto-foto situasi rumah dan posisi geografis letak meteran terpasang. Data-data tersebut nantinya akan berguna dalam membangun Aplikasi Baca Meter (SICATER) berbasis peta Google.