Pembelajaran Bahasa Inggris pada Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Sebuah Kajian Reflektif Teoritis

Authors

  • Arif Bulan STKIP YAPIS Dompu, Dompu
  • M Mardiah STKIP YAPIS Dompu, Dompu
  • Enung Nurhasanah STKIP YAPIS Dompu, Dompu
  • H Hasan STKIP YAPIS Dompu, Dompu

Keywords:

pembelajaran, bahasa inggris, PAUD

Abstract

Rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia untuk merevisi kurikulum pendidikan nasional masih dinantikan realisasinya. Revisi kurikulum tersebut akan berimplikasi pada kurikulum pada satuan pendidikan anak usia dini (PAUD). Ada hal menarik dari rencana revisi ini, yaitu soal posisi pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) akan dihapus dan akan difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Dengan demikian, Sebelum memasuki jenjang pendidikan SD, anak-anak yang mengenyam pendidikan di satuan PAUD harus diperkenalkan dengan pembelajaran bahasa Inggris efektif yang sesuai dengan perkembangan kognitif, motorik dan afektif. Untuk menunjang pembelajaran efektif tersebut maka diperlukan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian terhadap proses pembelajaran bahasa Inggris yang juga efektif sesuai standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara teoritis tentang: (1) perencanaan pembelajaran bahasa Inggris yang efektif pada lingkup PAUD; (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris yang efektif pada lingkup PAUD; (3) evaluasi/penilaian pembelajaran bahasa Inggris yang efektif pada lingkup PAUD. Metode yang digunakan pada kajian ini adalah metode kajian pustaka. Metode ini mengedepankan kajian teoritis dari berbagai sumber bacaan berupa buku dan jurnal. Hasil kajian ini mengungkapkan: (1) perencanaan pembelajaran bahasa Inggris pada jenjang PAUD disusun berdasar pada kurikulum 2013; (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris pada jenjang PAUD dilakukan berdasar pada standar proses sesuai kurikulum 2013; (3) penilaian pembelajaran bahasa Inggris pada jenjang PAUD disesusiakan dengan standar penilaian dalam kurikulum 2013 untuk PAUD.

Downloads

Published

2020-03-13