Analisis Sikap Peserta Didik dalam Penggunaan Smartphone pada Pembelajaran Matematika di SMP Citra Darma Jakarta

Authors

  • Bertha Meyke Waty Hutajulu Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta Timur
  • Meri Chrismes Aruan Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta Timur

Keywords:

Analisis, Sikap Siswa, Smartphone, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi sikap siswa terhadap penggunaan smartphone dalam pembelajaran Matematika studi kasus di SMP Citra Darma Jakarta. Hal yang ingin ditelisik lebih lanjut adalah pilihan siswa tentang metode pembelajaran Matematika, sikap siswa yang terkait dengan tekanan dan kecemasan yang mereka rasakan, dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh siswa ketika memanfaatkan smartphone untuk pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif, di mana peneliti menggambarkan fenomena yang terjadi berdasarkan data yang diambil dari responden menggunakan instrumen yang telah divalidasi sebelumnya. Penelitian survei digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang populasi yang besar dengan menggunakan sampel yang relatif kecil. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan rujukan untuk guru Matematika yang ingin memanfaatkan smartphone di kelas-kelas bahasa.

Downloads

Published

2020-03-13