Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SMA Negeri Jakarta Selatan Wilayah II Kecamatan Tebet
Keywords:
Evaluasi program, gerakan literasi sekolah, DEMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dilaksanakan di SMA Negeri Jakarta Selatan wilayah II kecamatan Tebet. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif menggunakan model evaluasi kesenjangan atau Discrepancy Evaluation Model (DEM) yang dikembangkan oleh Malcom Provus. Sehingga implementasi program GLS ditinjau dari desain, instalasi, proses, dan produk. Dta diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menyatakan tingkat ketercapaian program GLS di SMA kecamatan Tebet tersebut berada pada kategori Tinggi. Hal tersebut bermakna bahwa sebagaian besar , bahkan semua indikator program telah terlaksanan atau tersedia sesuai kriteria.