Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SMA Negeri Jakarta Selatan Wilayah II Kecamatan Tebet

Authors

  • S Sakinah Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur
  • Neti Karnati Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur
  • S Supadi Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur

Keywords:

Evaluasi program, gerakan literasi sekolah, DEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dilaksanakan di SMA Negeri Jakarta Selatan wilayah II kecamatan Tebet. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif menggunakan model evaluasi kesenjangan atau Discrepancy Evaluation Model (DEM) yang dikembangkan oleh Malcom Provus. Sehingga implementasi program GLS ditinjau dari desain, instalasi, proses, dan produk. Dta diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menyatakan tingkat ketercapaian program GLS di SMA kecamatan Tebet tersebut berada pada kategori Tinggi. Hal tersebut bermakna bahwa sebagaian besar , bahkan semua indikator program telah terlaksanan atau tersedia sesuai kriteria.

Downloads

Published

2020-03-13