Analisis Kreativitas Guru Biologi Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 (K13) Pada Sma Negeri Di Kecamatan Sumbawa
Keywords:
Kreatifitas, Guru Biologi, Kurikulum 2013Abstract
Kesuksesan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan sangat tergantung pada kreatifitas guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga peserta didik dapat aktif dan kreatif. Dengan demikian, diharapkan kurikulum 2013 (K13) menjadikan peserta didik sebagai student center dapat terwujud dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreatifitas guru biologi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 (K13) pada SMA Negeri Di Kecamatan Sumbawa Tahun 2019 dan mengetahui dampak kreatifitas Guru Biologi bagi peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah mix methode dengan strategi eksploratif sekuensial. Subjek dalam penelitian ini Guru Biologi dan Peserta Didik IPA pada SMA Negeri di Kecamatan Sumbawa. Sample yang diambil terdiri dari 8 Guru Biologi dan 24 Peserta Didik. Pengambilan sample dengan menggunakan Metode Purposive Sampling untuk menentukan guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Angket (kuesioner) dan Observasi langsung. Uji keabsahan data dengan metode Triangulasi Data. Hasil penelitian menyatakan bahwa Guru Biologi pada SMA Negeri di Kecamatan Sumbawa masuk Kategori Guru yang Sangat Kreatif dengan Persentase Kreatifitas 86,1% Untuk melihat kreatifitas guru biologi, dapat dilihat dari pencapaian masing-masing indikator kreatifitas guru adapun indikator tersebut sebagai berikut: Keterbukaan Terhadap Pengalaman Baru, Kelenturan berpikir, Menghargai Fantasi, Minat terhadap Kegiatan Kreatif, Kepercayaan Terhadap Gagasan Sendiri. Selain itu, Kreatifitas Guru juga berdampak positif bagi peserta didik, diantaranya adalah peserta didik semangat mengikuti pembelajaran, mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan saat guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, dan peserta didik aktif bertanya dalam kelas saat proses pembelajaran biologi