Analisis Kesulitan Belajar dan Miskonsepsi Mata Pelajaran Fisika Peserta Didik Sekolah Menengah Atas dengan Reasoning-Based Diagnostic Test

Authors

  • Sri Nurul Walidain Universitas Samawa, Sumbawa Besar

Keywords:

anugra.hakim@gmail.com, kesulitan belajar, miskonsepsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar dan miskonsepsi pada mata pelajaran Fisika menggunakan perangkat reasoning based diagnostic test. Metode penelitian ini merupakan penelitian mixed method. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1)Sebagian besar siswa yang dijadikan subjek penelitian masih mengalami kesulitan belajar, baik di dalam memahami konsep-konsep fisika tertentu maupun penerapan matematika untuk penyelesaian soal fisika. (2) Sebagian besar siswa yang dijadikan subjek penelitian masih mengalami miskonsepsi tentang beberapa konsep fisika terutama yang memiliki hubungan sangat erat, baik secara fungsional maupun kemiripan istilah.

Downloads

Published

2020-03-14