Analisis Determinan Volume Penjualan Pada Usaha Peternakan di Kabupaten Sumbawa

Authors

  • Novi Kadewi Sumbawati Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Elly Karmeli Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • K Kamaruddin Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Marisa Sutanty Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Rosyidah Rachman Universitas Samawa, Sumbawa Besar

Keywords:

Komunikasi, kerjasama, komitmen, volume penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan volume penjualan pada usaha peternakan di Kabupaten Sumbawa, yaitu komunikasi, kerjasama dan komitmen. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif yang digunakan untuk menguji hubungan parsial maupun simultan faktor komunikasi, kerjasama dan komitmen terhadap volume penjualan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha ternak di Kabupaten Sumbawa yang tergabung dalam Persatuan Pedagang Hewan Nasional Indonesia (PEPEHANI) berjumlah 90 orang dan seluruhnya digunakan sebagai responden (census sampling). Data penelitian ini diperoleh melalui survey lapangan yang dikumpulkan mengunakan angket atau kuesioner. Data yang telah terkumpul diuji menggunakan teknik pengujian statistik t, f dan koefisien determinasi (R2) dengan aplikasi Statistical Product And Service Solution (SPSS). Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor komunikasi, kerjasama dan komitmen berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, baik secara parsial maupun simultan. Secara parsial variabel komunikasi memiliki nilai thitung 2,875 > ttabel 1,988, variabel kerjasama memiliki nilai thitung 3,979 > ttabel 1,988 dan variabel komitmen memiliki nilai thitung 5,060 > ttabel 1,988. Sedangkan secara simultan variabel komunikasi, kerjasama dan komitmen memiliki nilai Fhitung 32,893 > Ftabel 2,71. Nilai Adjusted R Square (R2) yang diperoleh sebesar 0,534, artinya perubahan volume penjualan dipengaruhi oleh faktor komunikasi, kerjasama dan komitmen sebesar sebesar 53,4%, sedangkan sisanya sebesar 46,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.

Downloads

Published

2020-03-14