Pengembangan Assessment Formatif Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Biologi SMA Negeri 4 Sumbawa Besar

Authors

  • I Irmatasia Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • S Syafruddin Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Wiwi Noviati Universitas Samawa, Sumbawa Besar

Keywords:

Assessment Formatif, Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Asesment formatif berbasis keterampilan berpikir kritis pada siswa SMA Negeri 4 Sumbawa Besar Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada pendapat Borg & Gall. Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian adalah instrumen penilaian formatif berbasis keterampilan berpikir kritis yang berisi kisi-kisi, indikator, soal esay, lembar kerja siswa, serta materi. Subjek validasi dari instrumen ini yaitu ahli materi, ahli media, ahli instrumen, dan ahli praktisi, sedangkan subjek uji coba penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMAN 4 Sumbawa Besar sebagai calon pengguna produk. Penentuan subjek untuk uji coba dilakukan dengan randome, yang terdiri dari 15 siswa untuk uji coba permulaan dan 30 siswa untuk uji lapangan terbatas. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penilaian kelayakan oleh para ahli sebagai berikut; ahli materi diperoleh rerata 89% kategori sangat layak, ahli media diperoleh rerata 77% kategori layak, ahli instrumen diperoleh rerata 97% kategori sangat layak, ahli praktisi diperoleh rerata 82% kategori sangat layak. Selanjutnya pada uji coba permulaan, termasuk kategori layak dengan nilai 66%. Setelah dilakukan revisi, instrumen hasil pengembangan termasuk dalam kategori sangat layak pada uji lapangan terbatas dengan nilai 98%. Dengan demikian, instrumen penilaian formatif berbasis keterampilan berpikir kritis hasil pengembangan ini sangat layak digunakan oleh siswa.

Downloads

Published

2020-03-14