Pengaruh Leader Member Exchange dan Kepuasan Kerja Terhadap Kesiapan Berubah Menuju Pendidikan Era Industri 4.0 pada Guru Madrasah Tingkat Menengah di Kabupaten Sumbawa Barat

Authors

  • Fithri Nur Rochmah Universitas Teknologi Sumbawa, Batu Alang, Sumbawa
  • Lukmanul Hakim Universitas Teknologi Sumbawa, Batu Alang, Sumbawa

Keywords:

Leader Member Exchange, Kepuasan Kerja, Kesiapan Berubah, Pendidikan Era Industri 4.0

Abstract

Revolusi industri 4.0 telah mempengaruhi dunia pendidikan. salah satunya terjadi perubahan di dunia pendidikan. Guru pun dituntut untuk siap berubah mengikuti pendidikan era industri 4.0. Namun yang terjadi adalah para guru di kabupaten Sumbawa Barat belum siap menuju pendidikan era revolusi industri 4.0 yang telah ditetapkan pemerintah dengan adanya perubahan di aplikasi pengajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang bisa mempengaruhi kesiapan barubah agar dapat diberikan penanganan yang lebih tepat pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan survey dalam penelitiannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh leader member exchange dan kepuasan kerja terhadap kesiapan berubah menuju pendidikan era industri 4.0 pada guru madrasah tingkat menengah di kabupaten Sumbawa Barat. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Penelitian ini menggunakan 153 orang responden. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert. Analisa data dengan menggunakan analisis linier berganda yang pengolahannya dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh leader member exchange dan kepuasan kerja terhadap kesiapan berubah menuju pendidikan era industri 4.0 pada guru madrasah tingkat menengah di kabupaten Sumbawa Barat. Namun secara parsial, hanya leader member exchange saja yang tidak berpengaruh terhadap kesiapan berubah. Maka berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan kesiapan berubah, leader member exchange dan kepuasan kerja perlu ditingkatkan terlebih dahulu secara bersamaan agar kesiapan berubah guru madrasah tingkat menengah dapat lebih maksimal. Hal ini berdasarkan besar pengaruh kedua varibel pada kesiapan berubah secara bersamaan. Adapun leader member exchange secara parsial tidak berpengaruh pada kesiapan berubah, hal ini bisa jadi karena tergantung dari gaya kepemimpinan dan perlu ada variabel intervening untuk mempengaruhi kesiapan berubah.

Downloads

Published

2020-03-14