Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Problem Based Learning di SMP Negeri 1 Moyo Utara

Authors

  • S Saprianto STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Sarwo Edy Wibowo STKIP Paracendekia NW Sumbawa

Keywords:

Pemecahan Masalah, Bilangan Bulat, PBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran PBL pada materi bilangan bulat kelas VII di SMP Negeri 1 Moyo Utara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Moyo Utara dengan sampel seluruh siswa kelas VII-C sebagai kelas Eksperimen dan Kelas VII-D sebagai kelas kontrol. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah yang dilakukan secara langsung ke objek penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas kontrol sebesar 2,64 dari 62,03 menjadi 64,67. Adapun peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas Eksperimen sebesar 12,36 dari 61,97 menjadi 74,33. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran PBL kelas eksperimen lebih baik pendaripada peningkatan pemecahan masalah siswa kelas kontrol.

Downloads

Published

2020-03-14