Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Sumbawa Besar Tahun 2019
Keywords:
Pengembangan Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Pelajaran EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada mata pelajaran ekonomi dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap kemenarikan media pembelajaran berbasis Sparkol Videocribe pada pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Sumbawa Besar. Sehingga penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiono. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, serta pendidik dan respon peserta didik untuk mengetahui kelayakan dan kemenarikan produk yang dihasilkan. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Sumbawa Besar. Kriteria yang didapat dari ahli materi adalah sangat layak dengan persentase 90%, dan 90,9% oleh ahli media dalam kategori sangat layak, respon pendidik dengan persentase 93% dalam kategori sangat layak, dan respon peserta didik pada media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Sumbawa Besar dengan penilaian 88,9% kriteria sangat menarik.