PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN MELALUI PENERAPAN MODEL JIGSAW DENGAN MEDIA MIND MAPPING PADA MATERI SISTEM HUKUM DAN PERADILAN DI INDONESIA KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 3 SUMBAWA BESAR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Nita Muhardifah SMA Negeri 3 Sumbawa Besar

Keywords:

Hasil Belajar PKn, Aktifitas Belajar Siswa, Model Jigsaw dan Media Mind Mapping

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran jigsaw dengan media mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi Sistem Hukum dan Peradilan di Indonesia kelas XI IIS 1 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi sistem hukum dan peradilan di Indonesia melalui model  Jigsaw dengan media mind mapping di kelas XI IIS 1 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IIS 1 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tindakan. Peningkatan hasil belajar PKn siswa pada aspek kognitif dilakukan dengan memberikan lembar kerja siswa (LKS), soal postest, dan lembar observasi aktifitas belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata postest sebesar 77,67 dengan indikator ketuntasan klasikal sebesar 76,67%, sehingga belum memenuhi indikator ketuntasan klasikal yang ditetapkan dalam penelitian ini, sedangkan rata-rata persentase keseluruhan dari aktifitas belajar siswa diperoleh 54,82% kategori cukup, sehingga perlu dilakukan perbaikan pada siklus II.  Adapun pada siklus II diperoleh nilai rata-rata postest sebesar 82,33 dengan indikator ketuntasan klasikal sebesar 88,86% telah melampaui indikator ketuntasan klasikal yang di tetapkan, sedangkan rata-rata persentase keseluruhan dari akltifitas belajar siswa diperoleh 75,56 kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi system hukum dan peradilan di Indonesia melalui model pembelajaran Jigsaw dengan media Mind Mapping di kelas XI IIS 1SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Muhardifah, N. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN MELALUI PENERAPAN MODEL JIGSAW DENGAN MEDIA MIND MAPPING PADA MATERI SISTEM HUKUM DAN PERADILAN DI INDONESIA KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 3 SUMBAWA BESAR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Kependidikan, 6(2), 97–106. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1009