PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS HOTS MENGGUNAKAN APLIKASI SMART APPS CREATOR PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Authors

  • I Gusti Made Sulindra Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa
  • I Made Sentaya Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa
  • Andi Haris Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa
  • Ade Safitri Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa
  • Supriadi Supriadi Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samawa

Keywords:

Pembelajaran Interaktif, Hots, Smart Apps Creator

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi smart apps creator dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang di gunakan sampai tahap 3 yaitu, (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop), hal ini dikarenakan dalam penelitian ini tidak bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh efektivitas produk yang dikembangkan.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, pendapat ahli media, ahli materi, respon pendidik, respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi smart apps creator mendapat kriteria Sangat Layak dengan rata-rata total skor penilaian ahli media sebesar 87,2%, penilaian ahli materi sebesar 91%, penilaian respon pendidik 92,5%, dan penilaian respon peserta didik 89%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan  aplikasi  smart apps creator pada mata pelajaran fisika dapat  digunakan  sebagai  media pembelajaran.

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Sulindra, I. G. M., Sentaya, I. M. ., Haris, A., Safitri, A., & Supriadi, S. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS HOTS MENGGUNAKAN APLIKASI SMART APPS CREATOR PADA MATA PELAJARAN FISIKA. Jurnal Kependidikan, 7(2), 1–7. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1095